Ada batasan-batasan bagi Dosen Jurusan Teknik Elektro UNDIP untuk menilai prestasi mahasiswa dalam mengikuti satu perkuliahan. Beberapa di antaranya adalah:
1. Nilai akhir mencakup penilaian Tugas, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester (ditambah Praktikum jika ada)
2. Prestasi mahasiswa dinyatakan secara kuantitatif kemudian dikonversi ke dalam nilai huruf A, B, C, D, atau E dengan meniadakan nilai tengah AB, BC, dan CD.
3. Prestasi mahasiswa dalam bentuk nilai huruf tersebut menunjukkan kompetensi mahasiswa pada matakuliah tersebut.

Dengan demikian, Dosen tidak diperbolehkan menilai atas dasar ‘kedekatan’ mahasiswa dengan Dosen, ataupun karena mahasiswa ikut proyek tertentu dengan Dosen, termasuk pula keikutsertaan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa (basket, volley, futsal, fesbuk, dan sebagainya).

Dalam hal prosentase (bobot) tiap-tiap komponen penilaian ini tergantung pada Dosen masing-masing. Untuk matakuliah-matakuliah yang saya ampu, prosentase komponen penilaian adalah: Tugas+PR (30%); UTS (30%); dan UAS (40%)… Dan ini sudah tercantum dalam Kontrak Perkuliahan yang disetujui oleh Dosen dan Mahasiswa saat kuliah perdana.

Meskipun Dosen memiliki hak dalam memberikan nilai kepada mahasiswa, tetapi tidak berarti ‘subjektivitas’ bisa secara leluasa bermain-main dalam ranah ini. Objektivitas tetap harus dijaga. Untuk menjaga objektivitas seluruh Dosen TE, Ketua Jurusan sudah memberikan edaran tentang kisaran (range) nilai sebagai berikut.
1. A = 80 <= nilai < 100
2. B = 70 <= nilai < 80
3. C = 55 <= nilai < 70
4. D = 45 <= nilai < 55
5. E = 0 <= nilai < 45

Dulu, sebelum ada aturan kisaran nilai tersebut, ada Dosen yang pernah membuat kisaran lebih murah, misal: 60 ke atas diberi nilai A, atau nilai 10 ke bawah baru diberi nilai gagal (E)… Sekarang tidak bisa.. Segalanya perlu dilakukan untuk perbaikan, dan standardisasi mutlak dilaksanakan.

By the way, Semoga sukses untuk semua mahasiswa yang mengikuti matakuliah saya di Semester Genap 2008-2009 ini… Jika ada yang masih belum sesuai dengan harapan, berusahalah untuk lebih giat lagi di Semester yang akan datang…..